الخميس، شعبان ١٨، ١٤٢٦

Ramadhan Karim 1425H: [2]Suasana Ramadhan di Jeddah-Makkah-Madinah

From: Ahmad AlkazimyDate: Thu Nov 4, 2004 6:11 pm

Ramadhan Karim 1425H: [2]Suasana Ramadhan di Jeddah-Makkah-Madinah
Hasil pantauan 05 hingga 22 Ramadhan 1425H / Oktober - November 2004
di Jeddah-Makkah dan Madinah. Berikut ini bagian kedua.
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Masih dari Makkatul Mukkarramah:

Masjidil Haram saat ini telah berubah hampir 60% sejak20 tahun yang lalu (sejak kepindahan saya dari Saudike Jakarta pada 1984).. sumur zamzam saat ini sudahditiadakan (sudah setahun ini)dan digantikan dengankran air dingin disudut Masjidil Haram. Saat ini sudahada pula Under-pass pejalan kaki dari luar masjidlangsung menuju tempat Tawaf.. jalur ini cukup lengangkarena umumnya bagi yang melaksanakan umrah akan masukmelalui pintu besar seperti Bab Almalik maupunBaabussalam..namun bagi yang ingin menghindarikepadatan arus manusia, bisa menggunakan jalurUnderpass ini(masuk dari arah pasar Seng)

Lantai tempat tawaf sangat sejuk sekalipun disianghari yang terik.. Masya Allah..
Sebuah pemandangan unik terjadi ketika pada Jum'at 2pekan silam, saat hujan jelang pelaksaan salat Asar..ini adalah pengalama saya pertama kalinya melihatpersiapan sang Imam jelang pelaksanaan Salat Fardhu diMasjidil Haram..

Setengah jam sebelum masuk waktu Asar, datangsekelompok pasukan Askar(keamanan Masjid)lengkapdengan tim teknisi untuk melakukan setting micpelaksanaan salat bagi Imam). Semua Jamaah yang beradadi Shaff 1 VIP yang berada diantara 2 pilar dimintapindah karena tempat tsb dikhususkan bagi Imam.. 10menit kemudian tiba 2 orang Imam, 1 komandan Askarbeserta 1 orang PROTOKOLER Imam yang memberikankomando kepada Bilal untuk Azan, Iqamat, maupunpengumuman lainnya.. Inilah pertama kalinya sayamenyaksikan seorang Imam Masjid yang dikawal denganpenjagaan Super V VIP mirip seorang Raja.Setelah pelaksaan salat selesai.. 10 menit kemudiansuasana kembali normal.. ini semua berlangsung dengandurasi sekitar 40 menit jelang waktu Salat Fardhu..

Berbeda dengan Makkah dengan Masjidil Haramnya, diMadinah (Masjid Nabawi) suasana lebih tertib..semuanya diatur lebih baik... Tempat imam dijaga oleh2 orang Askar.. Saya juga banyak menjumpai banyaksekali petugas kebersihan, Askar, Pasukan penjagaKubur Rasulallah SAW yang berkesempatan membaca Qur'anpada saat bertugas.. begitu juga dengan para jamaah,hampir semua jamaah yang berada di Shaff terdepanmembaca Qur'an. Ini samasekali berbeda dengan dimasjidil Haram dimana petugas disana jarang yangberkesempatan membaca qur'a saat bertugas mengingatsituasi yang sangat padat. Mereka umumnya daripakistan, Turki, India,RRC, masyarakat Saudi dan jugaIndonesia..Tidak hanya didalam masjid, diluar masjidpun suasanaditoko toko dan bahkan supir taksipun membaca atausetidaknya mendengarkan ayat qur'an melalui kasetsambil mereka bekerja.. Sangat nyaman dan terkesanmendalam dengan suasana yang ada Alhamdulillah.Menyelasikan tarawih di masjid ini ternyata cukupberat dan perlu stamina yang fit, mengingat pelaksaansalat Tarawih disini 1,5 kali lebih lambat (15 menit 1solat) dari di masjidil haram yang hanya 10 menit per1 Salat. Tidak hanya bacaan Qurannya yang panjang,namun juga ruku, i'tidal, sujud pun sangat lama. Padahari terakhir saya disana, berkesempatan pulamenyaksikan suasana setelah Tarawih (di TV umumnya halini tidak terlihat).. Setelah Imam membaca doa witir yang panjang dan cukup sedih, banyak masyarakat yangsetelah Salat witir bersalam salaman dan bermaafankarena suasananya memang cukup sendu.. di luar MasjidNabawi disiagakan sejumlah Ambulance untuk jamaah yangkelelahan beribadah dan banyak jamaah yang menghampiriAmbulance tersebut..

Suasana disekitar Masjid Nabawi saat ini dilengkapiselain fasilitas Ambulance, juga tempat wudhu denganair hangat, WC dan Shower untuk mandi, tempat parkirdan juga Sejumlah hotel & Mall Raksasa. Tempraturdidalam masjid cukup dingin sekitar 19 derajat C baikpada siang/malam hari.. semakin padat jamaah, semakindingin.. Adapun tempratur kota Madinah: cukup hangat saat ini dan sangat kering (kelembaban rendah)baiksiang maupun malam hari. Cukup baik bagi yangmenderita Flu/pilek untuk berada diluar masjid padamalam hari, karena hal ini Insya Allah dapatmenyembuhkan penyakit tsb.

Demikian sedikit liputan saya dari Masyair Haram Assyarif dan kota Jeddah.. sekedar sharing..
Wassalammualaikum,
Ahmad Alkazimy
"pertama kali sejak 20 tahun"