الجمعة، رمضان ١٤، ١٤٣٠

Ramadhan di Negeri Jiran-II

Lanjutan dari bagian I:

2. SUASANA TARAWIH DI KUALA LUMPUR
Umumnya masjid-masjid di Kuala Lumpur termasuk Masjid Jamek dan Masjid Negara menyelenggarakan Tarawih sebanyak 23 rakaat (20 Tarawih + 3 witir).

Uniknya, baik di masjid Negara maupun di Masjid Jamek, selalu membaca ayat qur'an diluar juz Amma. Masih saya cek apakah mereka mengkhatamkan alquran dalam sebulan.Pembacaan ayat diluar Juz Amma ini sudah dimulai dari salat isya.

Salatpun dilaksanakan secara santai dan tidak terburu2. Bahkan setiap malamnya, terjadi 1 kali pergantian imam salat tarawih ditengah pelaksanaan salat tarawih.Disela-sela tarawih seperti halnya di indonesia, ada pula pembacaan salawat dan doa yang hampir mirip dengan di indonesia.

Kedua masjid tersebut ber-AC, sehingga sangat memancing kantuk..hehehe.

Disini waktu Isya adalah jam 20:20 waktu KL, umumnya salat Tarawih baru selesai pada jam 22:00.

Selepas tarawih disediakan minuman hangat dan sejumlah makanan ringan.

Masjid disini banyak dihiasi oleh lampu2 kecil dan bahkan juga sejumlah pohon disekitar masjid yang cukup rindang, dimalam hari menjadi terang dengan nyala lampu kecil.

Pada 17 Ramadhan nanti, yang merupakan Nuzulul Qur'an akan ada ceramah disejumlah masjid selepas tarawih. Disini, 17 Ramadhan (bertepatan dengan 17 Sep 2008) dijadikan hari libur nasional.

Semoga sharing saya bermanfaat.

Wassalammualaikum,
Ahmad Alkazimy