الجمعة، رمضان ١٤، ١٤٣٠

Ramadhan di Negeri Jiran-VII

SEMARAK RAMADHAN DI NEGERI JIRAN

Selain dihampir semua masjid disini diselenggarakan khatam qur'an dalam salat taraweh, masjid2 disini dibagian luarnya banyak dihiasi lampion-ketupat yang diberi lampu dan lampu hias. Dimalam hari, suasana kota semakin cantik dengan hiasan lampu-lampu ini.

Unik dan bedanya dengan salat Taraweh diTanah Air adalah, sejauh yang saya perhatikan, jumlah jamaah dari awal ramadhan hingga hari ini(malam 26 Ramadhan), boleh terbilang stabil. Untuk masjid Jamek misalnya, jumlah jamaahnya antara 2-6 saff.Begitupula dengan masjid Negara, jumlah jamaah relatif stabil antara 2-5 saff.

Karena disini hampir semua masjid menyelenggarakan Taraweh 20 rakaat namun banyak jemaah yang bubar setelah rakaat ke 8. Namun setiap malam secara umum, jumlah jamaah yang eribadah taraweh stabil dalam kisaran tsb diatas.Sehingga ketika taraweh selesai, yang tersisa hanya 2 saff ;).

Untuk tradisi Khatam qur'an dalam taraweh dan doa qunut witir yang ditambah, sebagian masjid menerapkan cara "membaca" Alqur'an dengan menempel mushaf Alqur'an di dinding tempat imam ataupun dengan meletakkan Alqur'an ukuran besar dihadapan Imam.

Taraweh disini betul-betul sangat santai. Umumnya taraweh dimulai usai salat isya pada jam 20:20 waktu KL dan berakhir pada jam 22:00 waktu KL.

Wassalammualaikum,
Ahmad Alkazimy