الجمعة، رمضان ١٤، ١٤٣٠

Ramadhan di Negeri Jiran-VIII

TRADISI AKHIR RAMADHAN

Tradisi akhir Ramadhan bagi warga Malaysia, sebetulnya hampir sama dengan warga Indonesia.

Diakhir bulan ramadhan dan Idul fitri, ada juga tradisi Balik Kampung (mudik).Yang berbeda adalah kalau orang Indonesia berebut naik kereta api untuk mudik, mereka membawa kereta pribadi yg bisa jalan diaspal dan highway...hehehe..maklum, kereta dalam istilah sini artinya mobil dalam bahasa indonesia.

Ya, mudiknya mereka adalah kebanyakan menggunakan kendaraan pribadi.

Dari jumlah hari libur, Indonesia mungkin memiliki jumlah hari libur lebaran terbanyak didunia, karena Malaysia saja secara resmi libur sebanyak 2 hari untuk Idul fitri.

Namun yang perlu diingat dan sekedar catatan dari penulis adalah:
1. Jangan sampai perjalanan mudik malah mengorbankan ibadah ramadhan, seperti karena perjalanan jauh malah menunda salat atau bahkan tidak salat samasekali.Bukanah nilai ramadhan mengajarkan kita untuk taat dan tertib dalam beribadah? (ingat: disaat ramadhan ini, kita diajarkan tetib dan disiplin. kalau belum waktunya makan, belum boleh makan sekalipun hanya sedetik).Mari terapkan nilai ramadhan dibulan lainnya.

2. Ramadhan adalah bulan ibadah dan Syawal adalah bulan peningkatan. Oleh karena itu, baiknya dibulan syawal, sekalipun kita sibuk dengan silaturrahmi ke rumah family, jangan sampai waktu salat yang selama ramadhan sudah terbiasa tepat waktu, menjadi buyar ataupun bolong2 lagi dibulan syawal.

3. Manfaatkan akhir ramadhan untuk beribadah seoptimal mungkin dan raih Lailatul Qadar. Inilah saat2 yang mustajab untuk berdoa dan medekatkan diri kepada Allah SWT. Syawal/Lebaran adalah bulan peningkatan, bukan berarti bebas dan merdeka dari segala urusan ibadah.

Semoga amal ibadah kita dibulan ramadhan kali ini diterima oleh Allah SWT dan bisa berjumpa lagi dengan ramadhan yang akan datang.

Terkait dengan Balik Kampung, penulis juga akan balik kampung pada hari jum'at siang (26 Sep 2008/ramadhan) ke Pondok Gede.

Penulis sekaligus memohon maaf bila ada tulisan yang kurang berkenan selama ini. Mohon Maaf Zahir Batin. selamat Ramadhan, selamat meraih Lailatul Qadar. Prestasi di Syawal/Lebaran adalah prestasi kita dibulan Ramadhan, sejauh mana ibadah kita dibulan ramadhan kali ini.Apakah kita termasuk orang2 yang layak diberi "selamat Idul fitri" ataukah tidak?semua kembali kepada diri kita masing-masing.

Wassalammualaikum,
Ahmad Alkazimy